Selasa, 18 Januari 2011

Saluran Irigasi Kutacane Lama Jebol Dihantam Banjir

Sepanjang 30 meter saluran irigasi Kutacane Lama di Desa Pedesi, Kecamatan Bambel, Aceh Tenggara, jebol dihantam banjir, Minggu (17/1). Akibatnya, seluas 5.425 hektare tanaman padi dan areal perikanan kekeringan dan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Aceh Tenggara, Ir M Husin MM, kepada Serambi, Senin (17/1) mengatakan,  saluran irigasi ini adalah wewenang pusat sesuai juknis luas wilayah irigasi. Dan, kata Kadis Pengairan Agara, dalam waktu dekat ini akan diperbaiki sesuai dengan perintah Bupati Agara, Ir H Hasanuddin B yang peduli irigasi pedesaan. Karena, perlu secepatnya ditangani, agar lahan petani seluas 5.425 hektare sawah dan perikanan tidak terancam gagal panen. .

Menurutnya, irigasi tersebut sudah ‘berusia’ mencapai 20 tahun lebih dan sudah masanya untuk runtuh. Jadi untuk itu, Kadis Pengairan Agara meminta secepatnya agar direhab saluran irigasi sepanjang 4.000 meter dan 100 meter bangunan bronjong permanen, agar areal persawahan dan perikanan dari Kecamatan Bambel dan Bukit Tusam aman dari bencana banjir

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut